Mengenal Antibiotik Alami

Musim pancaroba identik dengan tidak stabilnya cuaca, seperti suhu, angin, intensitas hujan, yang tidak menentu yang berdaqmpak pada kondisi kesehatan dan daya tubuh kita sehingga banyak sekali penyakit yang mudah hinggap di tubuh. Akibatnya kinerja menurun karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan. Ketika kita ke dokter biasanya akan mendapatkan berbagai macam obat, diantaranya selalu ada antibiotik. Seberapa penting sih antibiotik buat kita?Antibiotik adalah segolongan senyawa bvaik itu alami ataupun sintetikyang mempunyai efek menekan ataupun menghentikan suatu proses biokimia di dalam organisme khususnya dalam proses infeksi. Fungsi antibiotik adalah melawan bakteri yang menyerang tubuh dan menimbulkan suatu penyakit. Sumber antibiotik bukan hanya obat lhoo.. Beberapa bahan makanan juga bisa dijadikan sebagai antibiotik alami yang dapat membantu membersihkan darah dan membunuh bakteri jahat secara alami. Nah ini nihh beberapa bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai antibiotik.

1. Bawang merah dan Bawang putih

Keduanya memiliki sifat antibakteri. bawang merah dan bawang putih sejak lama telah digunakan untuk penyakit ringan dan berat. Selain itu sifat antijamur pada bawang bisa membantu mencegah infeksi dan melawan virus flu.

2. Madu

Madu sudah digunakan sebagai pengibatan antibakteri jauh sebelum antibiotik sintetis alami dikembangkan. Madu banyak mengandung enzim dan antimikroba yang melepaskan hidrogen peroksida yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri.

3. Kubis

Sayuran jenis cruciferous, seperti brokolo, kembang kol, dan kubis telah lama dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit. kandungan vitamin C nya yang dikenal sebagai antibiotik sangat tinggi, dapat memenuhi hingga 75 persen kebutuhan orang dewasa.

4. Kunyit

Belakangan ini ketika masyarakat dunia menoleh ke pengobatan timur, mereka mengakui bahwa kunyit adalah antibiotik alami yang bagus dan salah satu herbal yang bermanfaat untuk hati. kunyit juga merupakan zat antioksidan kuat yang bagus untuk kesehatan jantung, tulang dan pencernaan.

5. Teh Hijau

Salah satu agen antibiotikaktif dalam teh hijau disebutepogallocatechin (EGCG). Dalam penelitian, zat ini dikatakan efektif melawan bakteri yang masuk secara oral, selain itumemiliki kemampuan memecahkan lemak dalam tubuh sehingga seringkali dimasukkan dalam menu diet.

6. Makanan Fermentasi

Makanan Fermentasi memiliki beberapa keuntungan, yaitu: mempertahankan gizi makanan, menambah asupan gizi, menstimulasi peningkatan kekebalan tubuh, sebagai antitumor dan antimutagenik. Contoh makanan fermentasi diantaranya yoghurt, tempe, dan lainnya.

Nahh, banyak kan antibiotik alami yang mungkin tersedia dirumah kita sendiri. Yukkita mulai hidup sehat dengan memanfaatkan sumber daya alam yang sudah tersedia. Semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s