Bahaya Boraks Pada Makanan

Foods

Boraks.Hmmm… Pasti kalian sudah tidak asing lagi mendengar itu. Si putih beracun ini sangat familiar dikalangan masyarakat. Dalam kehidupan orang Jawa disekitar kita boraks seringkali dinamakan “kêthêk”. Pasti kalian tau. Boraks atau kethek ini biasanya dijual ditoko-toko dengan bentuk kristal orange kekuningan.Zat kimia yang mempunyai rumus ion B4O72- ini merupakan bahan pengawet sintetis. Namun bahan ini bukan dan sama sekali bukanlah bahan pengawet makanan. Jika dianalisa secara kualitatif, boraks direaksikan dengan asam sulfat akan membentuk nyala api bewarna hijau.

Tapi bagaimana jika bahan ini digunakan untuk pengawet makanan?? Menurut para ahli obat-obatan dan makanan, boraks sangat tidak aman untuk digunakan sebagai bahan pengawet pangan. Jika boraks dikonsumsi oleh manusia dalam takaran yang melebihi ambang batas, boraks akan mengendap di tubuh dan akan mengakibatkan penyakit dalam terutama kanker. Hmmmmm… bahaya bukan?? Tapi bagi sebagian oknum yang nakal itu bukanlah suatu halangan untuk menghalalkan berbagai cara agar mendapat keuntungan yang lebih besar. Banyak para pedagang makanan baik itu makanan ringan ataupun berat seringkali menggunakan boraks sebagai pengawet makanan. Selain mengawetkan, boraks juga berfungsi sebagai pengenyal (seperti bakso, kue basah dll) dan perenyah (pada kue kering).

Nah,kali ini kita akan mencoba membahas beberapa panganan yang menjadi sasaran empuk bagi oknum nakal yang biasanya campur dengan Boraks, siapa tau ini makanan favorit kalian??

1. Bakso

Bagi yang fanatik pada bakso nihh..hmmmm perlu hati-hati yaa…soalnya banyak oknum pedagang bakso yang nakal menggunakan boraksuntuk mengenyalkan bakso buatannya. Bakso yang menggunakan boraks umumnya hampir sama lho dengan bakso biasa. Bakso boraks memiliki tekstur yang sangat kenyal dan cenderung tahan lama. Selain itu,bakso yang kenyal lebih diminati oleh konsumen. Namun sayang,semakin kenyal bakso itu,semakin banyak lho boraks yang digunakan. Nahh.. untuk menghindari itu semua, kalian wajib meneliti bakso yang kalian beli. Bakso yang sehat adalah bakso yang dagingnya masih terlihat segar dan berwarna merah muda didalamnya. Tekstur bakso non boraks cenderung lebih lembek, jika kenyal sekalipun itu karena tambahan tepung kanji, namun kalau kekenyalan sangat tinggi itu sudah menndakan adanya biraks.

2. Kue kering

Kue kering yang menggunakan boraks cenderung memiliki tingkat kerenyahan yang tinggi. Bahkan kue kering dengan boraks memiliki tekstur yang renyah namun keras. Kue kering yng bebas boraks cenderung memiliki tekstur yang mudah rapuh. Kue kering ini memng sulit dibedakan karena memiliki kemiripan tekstur yang dominan. Namun kue kering tanpa boraks tidak tahan lama, paling lama hanya 1 tahun saja

3. Stik keju

Kalau stik keju dengan boraks memiliki tekstur yang halus dan mudah patah,cenderung rapuh terhadap tekanan dari tangan. Stik yang aman adalah stik yang memiliki tekstur yang keras dan sukar patah. Stik dengan boraks lebioh tahan lama dan tidak tengik meskipun dalam jangka waktu yang lama. Stik yang non boraks mudah tengik jika dalam kemasan yang tertutup.

Nahhh… udah tau kan? Knsumen yang cerdas akan tahu mana makanan yang baik untuk tubuhnya… semoga bermanfaat yaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s